Iran nyatakan tidak pernah kirim pasukan militer ke Suriah

menteri pertahanan iran dalam sabtu bersikeras bahwa negaranya tidak pernah mengirim pasukan militer ke suriah, sebagai bantahannya atas tuduhan dari bagian barat yang mendukung pemberontak suriah.

republik islam iran tidak sudah mengirim pasukan militer ke suriah serta tidak ingin pernah melakukannya, papar ahmad vahidi di siaran pers yang disiarkan dengan media setempat, lapor afp.

iran tak setuju melalui pengiriman tentara ke suriah sebab kebijakannya mendukung resolusi konflik itu, katanya, merujuk pada seruan teheran agar mencari Jawaban politik untuk mengakhiri perang dan diperkirakan sudah merenggut 94.000 nyawa semenjak 2011 silam.

ia tak menyebutkan secara detail apakah ia merujuk pada prajurit ataupun penasihat militer.

Informasi Lainnya:

pada september 2011, pemimpin pasukan pengawal revolusi iran, mohammad ali jafari, menungkapkan bahwa sederat anggota operasi luar negerinya, unit pasukan quds, berada selama suriah tapi cuma untuk memberi konsultasi juga input pada pemerintah setempat.

iran dituduh dengan sejumlah negara barat juga liga arab penyokong pihak oposisi pemberontak memerangi sekutu mereka, presiden bashar al-assad, telah memasok senjata juga tentara untuk membantu militer suriah.

salah seorang pejabat tinggi as dalam selasa (21/5) mengatakan bahwa pihak iran berusaha sama melalui sekutu mereka kelompok syiah lebanon, hizbullah, agar mengambil alih pangkalan oposisi pemberontak pada qusayr tidak jauh perbatasan lebanon.

itu upaya paling nyata yang terlihat dari hizbullah supaya menyertakan diri secara langsung pada pertempuran selama suriah dibuat pasukan asing, juga kami memahami kiranya ada iran serta selama situ, papar pejabat yang menolak identitasnya disebut itu.

tuduhan serupa dan diutarakan oleh kelompok oposisi pemberontak bersenjata suriah yang menungkapkan iran sudah membunuh suriah.

ribuan tentara iran juga kolaborator teroris mereka daripada hizbullah menginvasi suriah. tentara penginvasi tersebut mengepung juga berusaha menyerbu sederat kota, termasuk qusayr dan homs ..., tutur pimpinan tetapi koalisi nasional, george sabra, kepada afp di istanbul dalam sabtu.

iran, menolak pencopotan presiden bashar dari dari jabatannya, menuduh sederat grup oposisi suriah dibuat teroris namun berulangkali membantah tuduhan ikut memainkan peran militer dalam medan perang.

salah betul perwira tinggi militer iran pada awal mei menungkapkan negaranya siap melatih tentara suriah manakala damaskus membayar santunan.